5 Fakta Ilmiah Tentang Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan

5 Fakta Ilmiah Tentang Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan,- Puasa Senin Kamis tak hanya menjadi ritual keagamaan. Selain menunjang kebutuhan spiritual, puasa Senin-Kamis juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Meski identik dengan ritual ibadah pemeluk Islam, ternyata metode ini juga banyak dilakukan masyarakat lintas-agama dan budaya.

5 Fakta Ilmiah Tentang Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan
Puasa Senin Kamis ternyata memiliki karakteristik dan juga metode yang bisa dikatakan hampir mirip dengan melakukan diet 5:2, dimana metode diet yang satu ini mengharuskan penggunanya untuk membatasi asupan kalori selama dua hari dalam seminggu. Diet 5:2 ini lebih mirip disebut sebagai gaya hidup atau pola makan jika dibandingkan dengan metode diet lainnya seperti diet ketofatosis yang melarang konsumsi karbohidrat. Tidak ada batasan jenis makanan yang harus dikonsumsi, yang penting Anda disiplin dan konsisten menjaga asupan gizi seimbang setiap harinya.

Puasa Senin-Kamis dan diet 5:2 dinilai sama efektifnya untuk membantu dalam menurunkan berat badan sekaligus mengontrol produksi gula darah. Tentunya, selain kedua manfaat tersebut masih ada sejumlah “keajaiban” lainnya yang dapat Anda peroleh jika rutin menjalankan puasa Senin Kamis. Lantas apa saja manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan ?? Anda penasaran bukan ?? Untuk itu simak ulasan lengkapnya yang didukung hasil penelitian dan pernyataan ahli berikut ini :

  • Puasa Senin Kamis Dapat Memperpanjang Usia

Pembatasan makanan dengan jeda waktu tertentu seperti puasa Senin Kamis berpengaruh dalam meningkatkan usia harapan hidup sekaligus membuat tubuh tetap prima saat usia tua. Pernyataan tersebut didukung hasil penelitian yang diterbitkan di The Harvard Gazette yang menyatakan, puasa dapat membantu memperlambat proses penuaan sekaligus mencegah potensi munculnya penyakit akibat usia tua. Orang yang rutin melakukan puasa dalam jeda waktu tertentu cenderung lebih bugar dan tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan dini layaknya mereka yang tidak menjaga pola makan.

  • Meningkatkan Daya Ingat

Mark Mattson, peneliti dari Laboratory of Neurosciences National Institute of Aging menilai puasa dapat membantu mempertajam daya ingat. Mattson dan timnya meneliti tentang dampak diet dan puasa terhadap saraf. Hasilnya, puasa ternyata mengakibatkan tekanan oksidatif ringan dan dapat membantu sel saraf memperbaiki kerusakan oksidatif pada DNA. Puasa dan diet tinggi lemak seperti keto juga diklaim dapat melindungi otak dari parkinson dan alzheimer. Mereka yang disiplin menjalankan metode semacam ini dinilai lebih fokus dan menunjukkan kemampuan daya ingat yang meningkat.

  • Mengurangi Potensi Serangan Jantung

Penelitian yang diterbitkan British Journal of Medicine menunjukkan seseorang yang rutin menjalankan puasa dengan jeda waktu tertentu (intermittent fasting) juga memiliki risiko serangan jantung lebih rendah. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya penurunan tekanan darah sistolik pada partisipan yang terlibat dalam penelitian. Yang dimaksud tekanan darah sistolik ialah tekanan yang diterima pembuluh darah ketika jantung berdetak. Partisipan yang tidak menjalankan puasa cenderung mengalami peningkatan tekanan darah sistolik.Penurunan tekanan darah sistolik berpengaruh langsung dalam mengurangi tekanan pada arteri sekaligus mengurangi risiko serangan jantung.

  • Mengurangi Pertumbuhan Sel Kanker Tertentu

Kanker merupakan pertumbuhan sel yang abnormal. Meski tergolong sebagai penyakit berbahaya, efek buruk pertumbuhan sel kanker ternyata dapat dikurangi dengan berpuasa. Sejumlah penelitian terkait pernyataan ini masih berdasarkan hasil eksperimen pada hewan dan model sel tertentu. Hasil eksperimen lainnya menunjukkan penderita kanker yang berpuasa 8-10 jam jelang pengobatan rutin tidak merasakan adanya rasa pegal, lemas, atau gangguan pencernaan saat menjalani pengobatan.

  • Mengurangi Resistansi Insulin dan Risiko Diabetes Tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 kini semakin jamak diderita pasien dari beragam usia dan latar belakang. Resistansi insulin atau penurunan fungsi insulin merupakan salah satu faktor pemicu diabetes tipe 2. Puasa banyak dianjurkan praktisi kesehatan sebagai metode terapi untuk mengurangi resistansi insulin dan diabetes tipe 2. Berdasarkan penelitian, tubuh manusia yang menjalani puasa rutin mengalami penurunan kadar gula darah hingga 5-6 persen. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa puasa dapat melindungi ginjal dari kerusakan, yang merupakan salah satu komplikasi penyakit diabetes.

Dan itulah ke 5 Fakta Ilmiah Tentang Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan yang dapat anda rasakan jika rutin menjalankannya, dengan menjaga porsi dan asupan makanan saat berbuka puasa merupakan salah satu kunci utama dalam meraih manfaat kesehatan dari puasa senin kamis, untuk itu tidak hanya dibutuhkan makanan yang sehat namun harus menyehatkan juga agar terhindar dari berbagai macam gangguan penyakit yang bisa menyerang pada saat puasa seperti salah satunya yang paling sering dan umum terjadi adalah serangan asam lambung tinggi dan juga maag.

Maka dari itu pastikan makanan yang anda konsumsi saat berbuka puasa dan sahur harus memiliki gizi seimbang dan didampingi konsumsi air yang cukup agar tubuh tetap kuat. Namun apabila anda sering mengalami keluhan naiknya asam lambung atau maag saat menjalankan puasa, tidak perlu khawatir karena untuk mengatasinya anda bisa mengobatinya dengan Walatra Gamat Emas Kapsul. Obat herbal ini sangat kaya akan kandungan senyawa aktif biologi serta gizi yang tinggi yang akan dengan secara langsung dapat diserap tubuh dan mengatasi permasalahan lambung yang sedang anda alami.
 
5 Fakta Ilmiah Tentang Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan
Promo Spesial Untuk Anda Hari, Setiap Pembelian Diatas 2 Botol Walatra Gamat Emas Kapsul Dengan Selalu Mencantumkan Kode Produknya “WRH-KP” Harga Lebih Murah + GRATIS ONGKOS KIRIM ! Buruan Pesan Sekarang Dan Rasakan Khasiat Serta Manfaatnya Secara Nyata Untuk Kesehatan ! 

Untuk Informasi Lebih Lanjut Klik => Walatra Gamat Emas Kapsul

5 Fakta Ilmiah Tentang Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan 


0 Response to "5 Fakta Ilmiah Tentang Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan"

Posting Komentar